Agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

gejala sakit jantung dan serangan jantungPernah Anda melihat seseorang di dekat Anda yang tiba-tiba jatuh sambil memegangi dadanya dan terlihat kesakitan? Jika pernah, itu adalah gangguan kesehatan yang disebut penyakit jantung. Penyakit ini termasuk dalam golongan penyakit serius karena apabila terkena penyakit ini, besar kemungkinan akan meninggal dunia dalam waktu singkat. Mengapa demikian? Penyakit jantung biasanya terjadi karena pembuluh darah pada jantung yang bengkak, penebalan pembuluh darah, atau katup jantung yang tidak berfungsi secara normal sehingga aliran darah dari dan ke jantung menjadi tidak normal.

Anda tentu tidak ingin mengalami penyakit serius ini, bukan? Untuk itu, ada baiknya untuk melakukan hal-hal di bawah ini:

Terapkan gaya hidup sehat dari sekarang

Hidup dengan gaya hidup tak sehat akan sangat merugikan sekali. Sebagai contoh, apabila Anda suka merokok, tentu Anda akan memiliki resiko terkena penyakit paru-paru, jantung, hipertensi, kanker, dan lain sebagainya atau jika Anda suka begadang, tubuh Anda akan pucat, mengalami anemia dan imsomnia, dan pusing kepala. Selain itu, apabila Anda suka mengkonsumsi makanan cepat saji dan minuman beralkohol, Anda bisa mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan lain-lain. Tentu, pada akhirnya tubuh akan menjadi tidak sehat serta fungsi jantung pun akan terganggu.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, segera terapkan gaya hidup sehat. Singkirkan kebiasaan lama yang bisa merusak tubuh dan mulai dengan kebiasaan baru dan baik, seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur serta susu, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya. Dengan demikian, sistem pencernaan dan organ-organ di dalam tubuh akan bekerja secara maksimal dan resiko terkena penyakit jantung bisa dikurangi secara maksimal.

Hindari stres

Mengapa? Banyak orang yang ketika mengalami stres akan bertindak sesuai dengan emosi mereka. Pada umumnya, mereka ingin menghilangkan stres tersebut tapi memilih cara yang salah. Mereka biasanya akan merokok, mabuk-mabukan, dan melakukan tindakan-tindakan tercela demi memuaskan nafsu birahi dan ego mereka. Mereka akan menyadari dampak buruk yang ditimbulkan setelah selesai melakukan kesalahan. Resiko sakit jantung dari tindakan-tindakan buruk yang dilakukan memang tidak langsung terlihat tapi setelah beberapa tahun setelahnya, dada sering terasa sakit, sesak nafas, terasa mual, keringat dingin, dan merasa lelah yang berlebihan. Dengan adanya ciri-ciri ini, dapat dipastikan bahwa Anda sudah mengidap penyakit jantung.

Bagaimana cara menghindari stres? Berpikir positif dan tanggapi semua permasalahan dengan baik dan benar. Apabila tidak ignin menjadi beban pikiran Anda, minta bantuan dari orang lain.

Lakukan medical checkup secara teratur

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan guna mencegah penyakit-penyakit yang tidak diduga. Sebagai contoh, apabila terjadi penebalan pembuluh darah atau kerusakan pada katup jantung, Anda tidak akan menyadarinya sampai Anda merasakan sakit pada dada Anda. Ya, kebanyakan penyakit serius memang tidak menunjukkan gejala-gejala yang aneh pada awalnya. Namun, setelah penyakit semakin parah, barulah terasa sakit di bagian tubuh tertentu. Apabila hal ini tidak segera ditangani, tentu keselamatan jiwa yang akan jadi taruhannya. Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan medical checkup secara teratur, minimal 6 bulan sekali. Dengan melakukan hal ini, dokter bisa melakukan pengobatan yang cepat apabila mulai terjadi gejala-gejala penyakit tertentu. Dengan demikian, apabila mulai terjadi gangguan pada jantung, Anda bisa langsung meminta dokter untuk mengembalikan fungsi jantung Anda seperti sedia kala.

Mudah-mudahan dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari stres, dan melakukan medical checkup secara teratur, Anda bisa menghindari resiko terkena penyakit jantung. Semoga beruntung. 🙂