Tentang Penyakit Jantung

Pencegahan Penyakit Jantung

Jantung sebagai salah satu organ tubuh bagian dalam sudah sepatutnya kita jaga dengan baik agar bisa berfungsi secara optimal ,yaitu memompa aliran darah ke otot-otot jantung melalui pembuluh darah jantung. Namun, penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan yang marak menyerang masyarakat luas. Bahkan, penyakit ini tidak mengenal usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua kerap terserang. Penyakit jantung juga termasuk salah satu penyakit yang harus diwaspadai, sebab 50 persen seseorang yang meninggal diakibatkan oleh serangan jantung. Untuk mengenal tentang penyakit jantung lebih dekat, Anda bisa simak uraian di bawah ini:

Jenis-jenis

Penyakit jantung pada umumnya terdiri dari beberapa jenis, tiga di antaranya:

  • Koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang paling banyak menyerang masyarakat. Penyakit ini membuat pembuluh darah mengalami penyumbatan akibat plak atau lemak yang dihasilkan dari pola makan dan gaya hidup buruk. Adapun ciri dari pada penyakit jantung koroner itu sendiri adalah nyeri pada bagian dada menuju ulu hati, lengan, leher, dan punggung.

  • Aritmia

Penyakit jantung aritmia merupakan hambatan terhadap irama jantung, di mana jantung berdetak secara abnormal (bisa menjadi lambat atau bahkan lebih cepat) meski tidak sedang melakukan aktivitas yang mendukung. Ketika jantung tidak mampu memompa aliran darah secara efisen, maka di sinilah penderita bisa mengalami serangan jantung yang bahkan mengakibatkan kematian.

  • Gagal jantung

Gagal jantung ialah kondisi di mana jantung tidak dapat berfungsi memompa aliran darah dengan baik karena otot-otot jantung telah melemah. Gagal jantung ditandai dengan sesak nafas yang terlalu sering, metabolisme tubuh menurun, dan pembengkakan pada pergelangan kaki tanpa sengaja.

Apapun jenis penyakit jantung yang didapat, jika sudah mengalaminya tentu akan sangat membahayakan kesehatan dan juga keselamatan. Oleh karena itu, mari sayangi jantung sejak dini.

Faktor penyebab

Mengenal faktor penyebab penyakit jantung selain bermanfaat bagi seseorang yang ingin jantungnya tetap sehat juga sangat berguna bagi mereka yang sudah terkena serangan jantung, dengan begitu faktor pemicunya bisa dihindari. Adapun faktor penyebab penyakit jantung adalah:

  • Merokok secara berlebihan yang tentunya dapat menyebabkan hipertensi sehingga memicu serangan jantung.
  • Mengkonsumsi minuman keras terlalu sering yang mana dapat membuat daya tahan tubuh menjadi menurun dan melemahkan otot-otot jantung,
  • Menyantap makanan cepat saji atau instant setiap hari yang tentu kurang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung kolesterol dan lemak sangat tinggi bahkan sebab bisa menyebabkan obesitas. Tingginya lemak menjadi salah satu faktor utama pemicu penyempitan pembuluh darah jantung.

Penanganan

Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit jantung sangat berakibat fatal bagi keselamatan nyawa penderitanya. Ketika penyakit jantung kambuh, utamanya penderita harus menghentikan segala aktivitasnya dan mengkonsumsi obat yang memang sudah menjadi alternatif untuk melancarkan aliran darah yang tersumbat. Namun juga akan lebih baik jika langsung dibawa ke rumah sakit karena dokter akan membantu menangani dengan baik dan maksimal, salah satunya dengan melakukan reperfusi darah yaitu cara untuk membuka kembali penyumbatan darah di pembuluh darah sehingga aliran darah bisa kembali lancar.

Penyakit jantung memang memprihatinkan karena dalam sekejap bisa mengambil nyawa seseorang. Maka dari itu, buat yang jantungnya masih sehat mari jaga dengan baik. Namun bagi yang sudah mengalami masalah, segera konsultasikan ke spesialis penyakit jantung untuk mendapat perawatan lebih lanjut.