Yang Harus Dihindari dalam Menangani Jerawat

Nyatanya, jerawat masih menjadi momok bagi kebanyakan orang. Lebih dari sekedar memicu rasa perih, melainkan juga jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri. Sayangnya, jerawat sangat mudah sekali muncul. Ketika hormon tidak seimbang, wajah kotor, sering terpapar sinar matahari, atau alergi pada kosmetik, masalah kecantikan yang satu ini mulai bermunculan. Bahkan dalam beberapa kasus, sebagian orang harus merasakan jerawat selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun. Pengobatan jerawat memang bukan hal yang mudah. Jika salah atau kurang tepat, jerawat bukan malah sembuh tapi justru semakin parah & semakin sulit diobati. Lantas, bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang tepat? Jika Anda salah seorang penderita jerawat, di bawah ini beberapa hal yang harus dihindari dalam menangani jerawat:

mengatasi jerawat

Coba berbagai obat jerawat

Sadar betul kalau Anda pastinya ingin sesegera mungkin terbebas dari masalah kecantikan wajah yang satu ini, tapi bukan lantas mencoba berbagai obat anti jerawat. Setiap obat jerawat membutuhkan waktu untuk menangani jerawat yang Anda alami. Apabila belum sepekan menggunakan obat jerawat merek “A” kemudian Anda sudah menggunakan obat jerawat merek “B”, obat jerawat merek “A” tidak akan memberikan hasil. Fatalnya lagi, pemakaian yang bersamaan antara obat jerawat merek “A” dengan merek “B” berpotensi membuat jerawat makin parah atau dampak buruk lainnya bagi kulit. Tidak terkecuali ketika menggunakan obat jerawat dari bahan alami. Anda tidak akan mendapatkan hasil jika hanya 3 hari memakai putih telur, 3 hari berikutnya berganti menggunakan masker tomat, dan selanjutnya menggunakan mentimun.

Sentuh sampai pencet jerawat

Hentikan menyentuh apalagi memencet jerawat mulai sekarang. Ketika tangan menyentuh jerawat, tidak tertutup kemungkinan kalau tangan dalam kondisi tidak bersih. Artinya, bakteri atau kuman yang ada pada tangan dapat menempel pada jerawat hingga akhirnya membuat jerawat jadi berkembang biak. Jika sampai memencet jerawat, lebih dari sekedar membuat jerawat makin meradang melainkan dapat membuat kulit wajah jadi bopeng (kulit wajah parut) setelah sembuh nanti. Utamanya jika Anda memiliki jerawat batu yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: lebih keras & sakit ketika ditekan dan lebih cepat penyebarannya bahkan sampai ke lehar. Daripada Anda menyentuh & memencet jerawat, lebih baik konsultasi dengan dokter di klinik kecantikan terpercaya (cek daftar klinik kecantikan di Jakarta Selatan).

Pakai produk dengan scrub

Jerawat memang dipicu lantaran kulit wajah yang kotor. Akan tetapi, bukan berarti menggunakan produk yang mengandung scrub (butiran-butiran kasar yang dapat mengangkat sel kulit mati kulit) untuk mengatasi jerawat. Tindakan ini justru akan membuat kulit berjerawat semakin iritasi. Akhirnya, jerawat makin parah & sulit untuk disembuhkan. Sebaiknya pakai produk pencuci muka atau krim anti jerawat yang telah disarankan oleh dokter kulit terpercaya karena dianggap sesuai dengan masalah beserta jenis kulit Anda. Jangan tergiur oleh iklan atau penjaga toko kosmetik tentang sebuah produk. Jika produk tidak cocok, akan fatal dampaknya bagi Anda sebagai penderita jerawat.

Selain beberapa hal di atas, Anda juga patut menghindari berbagai pemicu jerawat saat tengah menangani jerawat. Seperti halnya menjauhkan diri dari paparan sinar matahari berlebih, berusaha menghindari atau sesegera mungkin untuk mengatasinya, menjauh dari makanan berlemak, dan lain sebagainya. Ketika masih mendekat dengan berbagai pemicu jerawat, penanganan jerawat yang Anda lakukan berpotensi gagal.